Tips Untuk Menulis CV Dengan Baik

 [ Tips Untuk Menulis CV Dengan Baik ]

Dalam melampirkan sebuah lamaran pekerjaan, CV ( Curriculum Vitae ) atau biasa disebut daftar riwayat hidup merupakan salah satu bagian yang penting dan tidak terpisahkan. CV akan menggambarkan secara umum sebuah individu baik itu dimulai dari nama, identitas keluarga, jenjang pendidikan baik itu formal ataupun non-formal, bahkan sampai pengalaman - pengalaman kerja yang telah dilalui oleh seorang individu tersebut. Maka dari itu, kemampuan untuk menulis CV dengan baik dewasa ini menjadi hal yang sangat penting untuk dikuasai, baik itu dalam bahasa Indonesia maupun dengan bahasa asing lain sesuai dengan kebutuhannya.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat membuat sebuah CV:

1.Tulislah CV secara efektif, tidak terlalu sedikit, juga tidak terlalu panjang, mungkin sekitar 2 - 3 lembar sudah cukup

2. Tulislah CV dengan kalimat - kalimat yang mudah dimengerti.

3. Hanya tuliskan pengalaman yang penting saja dan juga yang akan menambahkan nilai plus dengan lamaran yang akan dituju.

4. Untuk pengalaman kerja, jika pernah berkerja disuatu tempat sebelumnya, sebisa mungkin untuk lampirkan surat keterangan dari tempat dimana anda pernah berkerja sebelumnya.

5. Tulislah CV sesuai dengan pengalaman yang sesungguhnya, tidak perlu membuat sebuah kebohongan dalam CV karena akan berdampak buruk nantinya terhadap anda.

Demikianlah beberapa tips untuk menulis CV dengan baik yang dapat anda lakukan, semoga bermanfaat.

[ Tips Untuk Menulis CV Dengan Baik ]
( Dicky Arief Permana / PaMan )
CV (Curriculum Vitae) atau biasa disebut dengan daftar riwayat hidup merupakan sesuatu yang tidak mungkin bisa dilewatkan dalam surat lamaran pekerjaan. karena dalam hal ini, CV menjelaskan tentang bagaimana riwayat hidup anda mulai dari nama, alamat, identitas keluarga, pendidikan formal dan non formal dan kemampuan yang dimiliki. dalam penulisan CV memang sangat diperlukan sebuah ketelitian, karena dalam CV terdapat sebuah identitas diri anda. CV bisa ditulis dalam bahasa inggris maupun bahasa indonesia dan ada beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam penulisan CV yaitu diantaranya adalah.
1. Paling banyak maksimal 3-4 Lembar
2. Lebih baik tulis pengalaman yang lebih penting saja, pengalaman yang memang dianggap tidak penting lebih baik tidak ditulis.
3. Singkat dan mudah dipahami (tidak bertele-tele)
4. Tulis alamat yang lengkap (sebenar-benarnya), Pendidikan formal, non formal, pengalaman kerja dan pengalaman berorganisasi.
5. Tulis CV dengan sejujur-jujurnya sesuai dengan integritas diri anda dan jangan pernah memalsukan apapun karena dalam hal ini akan berdampak negatif untuk anda.
Jadilah seorang yang jujur, karena dalam hal ini, CV akan menjadi sebuah acuan untuk diri anda nanti dalam proses rekrutmen pekerjaan. karena CV yang baik menandakan bahwa anda seorang yang profesiona
- See more at: http://tipsdankabar.blogspot.com/2014/03/tips-menulis-cv-daftar-riwayat-hidup.html#sthash.36jf2jJO.dpuf

Related Post



Posting Komentar