Jenis - jenis Bisnis Rumahan

[ JENIS - JENIS BISNIS RUMAHAN ]

Seiring dengan terus meningkatnya harga biaya hidup yang ada di negara kita, maka semakin dituntut pula kita untuk dapat lebih kreatif dalam menjalankan suatu bisnis dengan biaya yang efektif. Dengan mahalnya harga sewa untuk sebuah ruko dan space pertokoan yang ada saat ini, maka bisnis rumahan adalah sebuah solusi untuk menjalankan bisnis dengan modal yang efektif.
Penggunaan rumah sebagai tempat untuk bisnis bisa dibilang efektif, karena akan memangkas biaya – biaya operasional yang akan ada bila kita melakukan bisnis tersebut dengan menyewa ruko atau bangunan, seperti biaya sewa tahunan, biaya keamanan, biaya retribusi kebersihan, dan berbagai biaya lainnya. Berikut ini adalah beberapa jenis bisnis rumahan yang dapat kami sarankan untuk anda:

1. Laundry
Hanya dengan berbekalkan mesin cuci dan perlengkapan untuk menyetrika, anda dapat menjalankan bisnis ini di rumah tinggal anda. Biaya promosi pun tidak perlu mahal, karena anda cukup memasang spanduk/banner di depan rumah anda untuk membuat para calon pelanggan nantinya tidak segan untuk datang dan memakai jasa yang anda sediakan. Untuk pengerjaan anda mungkin dapat memakai pembantu rumah tangga (PRT) yang ada di rumah anda, atau jika tidak ada, anda dapat menyewa PRT untuk membantu mengerjakan bisnis anda tersebut.

2. Service Elektronik
Dengan berbekal keahlian untuk membenarkan peralatan elektronik seperti kipas angin, ac, tv, kulkas, atau handphone, lalu dengan peralatan servis sederhana seperti solder dan sebagainya, anda dapat mulai menjalankan bisnis rumahan untuk menyediakan jasa servis ini.

3. Catering
Untuk anda yang memang hobi atau ahli dalam urusan memasak, bisnis catering bisa menjadi opsi untuk anda yang akan melakukan bisnis rumahan. Target pasarnya sendiri dapat dimulai dari tetangga sekitar, atau mungkin juga dapat masuk ke daerah perkantoran dan juga kos – kosan untuk mahasiswa.

4. Kerajinan Tangan
Bagi anda yang punya keahlian dalam kerajinan tangan seperti untuk rajutan, anyaman, atau dalam menjahit, anda bisa melakukan bisnis menjual hasil dari kerajinan tangan anda. Pemasarannya dapat dilakukan secara online ataupun juga dapat secara offline dengan menitipkan hasil kerajinan anda di toko – toko penjual kerajinan tangan yang ada.

5. Warung
Jika anda tinggal di perumahan dengan tingkat penduduk yang padat, maka menjadikan sebagian rumah anda sebagai warung untuk menjual berbagai kebutuhan seperti jajanan ringan, soft drink, dan beberapa – beberapa kebutuhan lainnya.

6. Cemilan
Membuat cemilan – cemilan ringan seperti keripik pisang, keripik singkong, dan sebagainya dapat dilakukan secara rumahan. Untuk pemasarannya bisa langsung dijual dirumah ataupun juga dapat diberi packingan yang menarik dan dijualkan dengan cara dititipkan di rumah makan,  toko oleh – oleh, dan juga toko khusus cemilan yang ada.

7. Les Privat Bahasa Asing
Untuk anda yang kebetulan punya kelebihan dalam penguasaan bahasa asing, membuka sebuah jasa les privat bahasa asing dirumah anda adalah opsi yang bisa anda lakukan. Selain biaya operasionalnya yang rendah, keuntunga dari bisnis jasa ini termasuk besar.

Demikianlah beberapa jenis – jenis bisnis rumahan yang dapat anda lakukan, semoga dapat menjadi artikel yang bermanfaat.
[ JENIS - JENIS BISNIS RUMAHAN ]
 ( sumber: palihmana.com )

Related Post



Posting Komentar