Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan

 
Melon (Cucumis melon) merupakan nama buah sekaligus tanaman yang termasuk dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Buahnya biasanya dimakan segar sebagai buah meja atau sebagai campuran es buah. Tentu anda sendiri sudah tidak asing lagi dengan buah ini. Buah yang sangat banyak sekali kandungan airnya selain buah semangka ini juga banyak disukai oleh banyak orang karena kaya akan vitamin, dan kandungan lainnya. Seperti, karbohidrat, protein, lemak, potassium, vitamin A dan C. Dengan kandungan nilai gizi yg cukup lengkap, maka tidak heran kalau buah melon ini jadi salah satu buah pilihan yang digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah berbagai penyakit, seperti : 

 
·     Menjaga Kesehatan Mata
Kandungan Beta-karoten yg berguna untuk meningkatkan ketajaman dan menjaga kesehatan mata. Beta-karoten akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A dan digunakan tubuh untuk memperbaiki fungsi mata, terutama dalam ruangaan dengan pencahayaan minim.

·     Mencegah Penyakit Kanker
Karotenoid merupakan pigmen pemberi warna pada buah dan sayuran. Kandungan karotenoid yg tinggi pada buah ini dapat mencegah serangan kanker, seperti kanker paru-paru dan kanker payudara.

·     Mencegah Serangan Jantung dan Stroke
Selain efektif mencegah serangan kanker, kandungan adenosine pada buah melon juga mampu menghentikan penggumpalan sel darah yg dapat mengakibatkan serangan jantung dan stroke.
Adenosine bekerja dengan cara melancarkan peredaran sel-sel darah merah sehingga memperkecil risiko serangan jantung dan stroke.

·     Mencegah Impotensi
Buah melon mengandung asam amino yg disebut dengan citrulline yg dapat memproduksi arginine. Arginine berguna dalam meningkatkan aliran darah, terutama aliran darah yg menuju organ seksual. Arginine bekerja sebagai stimulator yg memperlebar pembuluh darah, sehingga aliran darah menuju organ seksual menjadi lancar dan terhindar dari disfungsi ereksi (impotensi).

·     Memperlancar Pencernaan
Serat pada buah melon juga sama dengan yang dimiliki buah lain seperti pepaya. Jadi mengkonsumsi buah melon secara teratur akan membuat sistem pencernaan anda lancar.

·     Memelihara Organ Ginjal
Buah melon memiliki sifat diuretik yang membuat anda sering buang air kecil. Secara langsung,  hal tersebut akan membantu organ ginjal anda menjadi lebih sehat.

·     Mengobati Panas Dalam
Buah melon juga kaya akan vitamin A, B juga C. Dengan mengkonsumsi secara rutin maka tubuh anda akan bugar sehingga  dapat mencegah datangnya penyakit semacam panas dalam.

·     Merawat Kulit
Kandungan vitamin pada buah melon akan membantu kulit Anda tetap sehat sepanjang waktu. Melon ini juga diketahui mengandung senyawa kolagen yang dikenal mampu mempertahankan elastisitas juga keremajaan jaringan kulit.

·    Buah untuk Diet
Buah ini sangat rendah kalori, karena 90% darinya adalah air, serta bebas lemak dan kolesterol, sehingga cocok dikonsumsi disaat program diet.


Setelah mengetahui manfaat dari buah melon diatas, semoga mulai dari sekarang kita sering mengkonsumsi buah – buahan untuk menjaga kesehatan tubuh kita khususnya buah melon ini. Semoga artikel ini dapat menjadi tambahan referensi informasi yang bermanfaat, mohon maaf bila ada salah kata dan tata bahasa. Terima kasih atas kunjungannya.


( DAP / PaMan )

Related Post



Posting Komentar