Tips Singkat Dalam Mengelola Keuangan Untuk Pengusaha


Ada banyak hal penting yang harus diperhatikan saat kita memulai sebuah usaha. Dan salah satu hal yang penting dari memulai suatu usaha adalah dengan membuat sistem dalam mengelola keuangan perusahaan dengan baik dan disiplin dalam menjalankan sistem tersebut. Tidak jarang ada banyak pebisnis yang akhirnya harus gulung tikar karena buruknya manajemen pengelolaan keuangan perusahaannya, padahal omset dan profit yang dimiliki perusahaan tersebut sangat besar.

Berikut ini adalah Tips Singkat Dalam Mengelola Keuangan Untuk Pengusaha;

1. Mengatur Catatan Pemasukan dan Pengeluaran

Mengelola keuangan persuhaan dimulai dengan mencatat dan menyimpan bukti - bukti pemasukan perusahaan lalu juga melakukan hal yang sama untuk semua jenis pengeluaran. Hal ini untuk memudahkan ketika nanti akan membuat sebuah laporan arus kas dari perusahaan.


2. Memasukkan Informasi Aktifitas Usaha Ke Dalam Software

Dijaman yang makin serba canggih ini, ada baiknya Anda juga menggunakan software pembukuan atau sejenisnya untuk usaha Anda. Hal ini dilakukan agar nantinya Anda dapat membuat dan mengetahui ringkasan singkat tentang kegiatan usaha Anda, dengan software juga secara tidak langsung akan membuat catatan kegiatan usaha Anda lebih aman.


3. Membuat Laporan Keuangan

Hasil akhir dari aktifitas usaha Anda dalam satu periode tertentu ( bisa semester atau tahunan ) harus dibuatkan Laporan Keuangannya, hal ini nantinya bertujuan agar Anda dapat melihat bagaimana perkembangan perusahaan Anda dalam kurun periode tertentu, dan nantinya akan memudahkan Anda untuk membuat keputusan tentang langkah dan strategi apa yang harus dilakukan perusahaan Anda berikutnya. Untuk mengetahui lebih lengkap tentang Laporan Keuangan silahkan baca disini.


Demikian adalah Tips Singkat Dalam Mengelola Keuangan Untuk Pengusaha yang bisa diampaikan. Semoga dapat menjadi sumber referensi informasi yang bermanfaat untuk Anda. Mohon maaf bila ada salah kata dan tata bahasa, terima kasih atas kunjungannya.

Related Post



Unknown mengatakan...

Terima kasih informasinya sangat bermanfaat sekali .
untuk referensi mungkin bisa juga baca2 disini http://laruno.com

Posting Komentar