Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan

 
Buah Nanas (Ananas comosus) yang identik dengan buah yang memiliki kulit seperti sisik ini berasal dari Brasil. Buah yang konon katanya dapat menggugurkan kehamilan muda ini juga sering dijadikan buah meja, selain itu juga sering dijadikan bahan pelengkap dalam pembuatan rujak. Dalam buah nanas ini juga mengandung vitamin A dan C, serat, kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, dekstrosa, sukrosa, dan enzim bromelain. Dan mempunyai manfaat untuk kesehatan, seperti :


·         Sebagai Antiradang
Bromelain berkhasiat sebagai antiradang, membantu melunakkan makanan di lambung, serta menghambat pertumbuhan sel kanker.

·         Membantu Memperlancar Pencernaan
Kaya akan kandungan enzim bromelain yang berfungi mencerna protein dalam makanan, supaya dapat cepat diserap oleh tubuh. Selain itu, kandungan seratnya dapat mempermudah pencernaan pada penderita sembelit.

·         Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Buah nanas mempunyai kandungan asam amino esensial dan non esensial yang berfungsi memperkuat system imun pada tubuh.

·         Memperkuat Otot Jantung
Zay valine dan leucine yang terdapat pada buah nanas berfungsi untuk pertumbuhan dan memperbaiki jaringan otot. Selain itu juga untuk mempertahankan fungsi sendi dan tendo serta menguatkan otot jantung.

·         Meningkatkan Protein dalam Tubuh
Mengkonsumsi sari buah nanas, dapat meningkatkan protein pada tubuh. Kandungan vitamin A dan C yang memiliki fungsi sebagai antioksidan yang mampu menghentikan pembentukan radikal bebas yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

·         Berfungsi Sebagai Pembersih
Manfaat nanas sebagai pembersih ini juga diperoleh dari adanya enzim bromelain yang dapat membantu agar kadar asam dalam darah menjadi seimbang. Nanas juga dapat mengurangi kadar air yang berlebih dari dalam tubuh sehingga dapat membantu menyembuhkan penyakit Edema.
·         Mengurangi Stress
Dengan mengkonsumsi buah nanas 200 gram setiap hari, dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin C yang lebih. Ini disebabkan adanya kandungan serotonin yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah sebanyak 10%.


Dengan begitu banyak manfaat dari buah nana ini, anda juga diharuskan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi buah nanas ini. Termasuk wanita yang sedang hamil muda. Ini dikarenakan nanas muda berpotensi sebagai abortivum atau sejenis obat yang dapat menggugurkan kandungan.

Semoga artikel ini dapat menjadi sumber referensi informasi yang bermanfaat, mohon maaf bila ada salah kata dan tata bahasa. Terima kasih atas kunjungannya.

 ( DAP / PaMan )

Related Post



Posting Komentar