Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan


Ketika mendengar kata beras merah, sebagian besar orang langsung berpikir bahwa jenis makanan ini tidak enak, sedikit pait, dan tidak pulen seperti beras putih pada umumnya. Padahal sebenarnya, beras merah secara struktur kandungan gizinya lebih baik dibandingkan dengan beras putih, beras merah juga ternyata jauh lebih baik dampaknya untuk keseharan tubuh dibandingkan dengan beras putih. Hanya saja memang sebagian besar masyarakat di Indonesia sejak dulu lebih familiar dengan beras putih.

Berikut ini ada beberapa Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan;

1. Kaya Akan Serat
Berbeda dengan beras putih yang hanya mengandung karbohidrat sederhana, beras merah memiliki unsur karbohidrat komplek yang sangat baik untuk tubuh, dan juga didalam beras merah tinggi akan kandungan serat.

2. Mengontrol Kadar Gula Darah
Tidak seperti beras putih yang memiliki indeks glikemiks tinggi, beras merah memiliki kandungan glikemiks yang rendah. Indeks glikemiks adalah angka yang menunjukkan potensi naiknya gula darah yang juga mempengaruhi produksi insulin, dengan demikian, beras merah yang indeks glikemiksnya lebih rendah dapat berfungsi untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

3. Menurunkan Kadar Kolestrol Jahat
Dengan mengkonsumsi nasi merah, tubuh akan mendapatkan lebih banyak kolestrol baik, sehingga hal tersebut nantinya akan menekan tingkat kolestrol jahat dalam tubuh. Karena hal itulah, nasi merah sangat baik untuk menjadi makanan konsumsi utama karena kadar karbohidrat kompleks dan kolestrol baiknya.

4. Mengandung Vitamin B6
Konsumsi 1 porsi normal nasi merah, akan memenuhi sekitar 23 persen dari vitamin B6 yang dibutuhkan oleh tubuh untuk fungi organ.Vitamin B6 ini juga diketahui dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan pembentukan hormon serotonin dan sel darah merah.

5. Membuat Lebih Cepat Kenyang
Kandungan karbohidrat kompleks yang terdapat pada beras merah, sama seperti yang terdapat pada kentang dan oatmeal, dimana makanan dengan jenis karbohidrat ini membuat perut lebih cepat kenyang dan juga lebih lama.


Demikian adalah beberapa Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan yang bisa disampaikan, semoga dapat menjadi sumber referensi yang bermanfaat. Mohon maaf bila ada salah kata atau tata bahasa. Terima kasih atas kunjungannya.

Related Post



rahma shop mengatakan...

terimakasih gan infonya
http://www.obattrigliseridatinggi.xyz/

Posting Komentar