Bagi para pelaku bisnis online, salah satu hal yang
sulit untuk didapatkan dari calon konsumen adalah kepercayaan kepada
toko online itu sendiri. Banyaknya para “oknum” pebisnis online “abal –
abal” membuat banyak konsumen yang semakin hati – hati untuk
bertransaksi secara online. Karena itu, perlu dilakukan beberapa hal
oleh para pelaku bisnis online agar lapak toko online nya menjadi
semakin dapat dipercaya dan meyakinkan di mata para calon konsumennya.
Berikut ini adalah beberapa tips membangun kepercayaan di toko online:
1. Domain
Tipe domain akan mempengaruhi tingkat kepercayaan
para calon konsumen terhadap pemilik toko online. Menggunakan domain
berbayar seperti .com, .co.id, .net, dan sejenisnya tentu akan menaikkan
tingkat kepercayaan para calon konumen terhadap sebuah toko online.
2. Contact Person
Mencantumkan contact person dengan benar dan
lengkap, selain dapat mempermudah calon konsumen untuk menghubungi pihak
toko online untuk bertanya atau bahkan memesan, juga dapat membuat
tingkat kepercayaan konsumen terhadap suatu toko online akan meningkat.
3. Social Media Connection
Memiliki toko online yang terintegrasi dengan
social media yang Anda miliki, akan membuat calon konsumen dapat
menghubungi Anda secara langsung sehingga akan mempermudah konsumen
untuk meyakinkan diri mereka sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli.
Selain itu, calon konsumen juga jadi dapat melihat
keaktifan akun social media Anda sehingga mereka akan lebih yakin kalo
toko online Anda itu asli.
4. Product
Tentu, selain beberapa hal sebelumnya diatas, inti
dari sebuah toko online adalah product itu sendiri. Product yang update
akan mempengaruhi keputusan akhir si konsumen untuk membeli barang dari
toko online Anda.
5. Interaction
Terakhir, ketika konsumen sudah yakin untuk membeli
barang dari toko online Anda, mereka biasanya akan melakukan interaksi
dengan Anda baik itu melalui komentar di kolom product Anda, melalui
social media Anda, atau bahkan melalui contact person yang telah Anda
cantumkan. Buatlah interaksi yang baik dengan calon konsumen Anda,
walaupun terkadang ada beberapa tipe konsumen yang terlalu bertele –
tele dalam bertanya ataupun selalu menanyakan hal yang sama berulang
kali, tapi Anda harus tetap menjaga interaksi agar terjalin dengan baik,
hal ini semata – mata untuk menjaga integritas Anda sebagai penjual
kepada calon konsumen.
Demikian adalah beberapa tips membangun kepercayaan di toko online yan dapat kami bagikan, semoga dapat bermanfaat.
Dan untuk para penggiat usaha online maupun
offline, kepercayaan adalah suatu hal yang sangat berharga bagi seorang
pedagang, jika kepercayaan seseorang telah hilang, maka akan sangat
susah untuk mendapatkannya kembali.
( Dicky Arief Permana / PaMan )
Sumber: palihmana.com
Posting Komentar