Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Lidah Buaya (Aloe barbadensis Milleer) adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering seperti di Afrika. Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, lidah buaya berkembang sebagai bahan baku industry kecantikan, serta sering dibuat juga untuk makanan dan minuman kesehatan tentunya. Berdasarkan hasil penelitian, lidah buaya kaya akan kandungan zat seperti, enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida, dan masih banyak lagi kandungan yang terdapat pada lidah buaya yang baik untuk kesehatan. Lidah buaya juga merupakan salah satu jenis tanaman sukulen, yaitu salah satu jenis tanaman yang dapat menyimpan air di dalam dagingnya. 

Dengan kemampuannya tersebut, tanaman ini mampu bertahan hidup di daerah yang kering dengan curah hujan rendah dalam waktu yang cukup lama. Disamping itu, lidah buaya juga dapat mengobati berbagai penyakit seperti :


·         Mengobati Diabetes
Menurunkan kadar gula pada penderita diabetes, mengontrol tekanan darah, meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan kanker.
·         Nutrisi Pendukung
Serta dapat menjadi nutrisi pendukung bagi penderita kanker, dan penderita HIV/AIDS.

·         Perawatan Kulit
Selain itu, lidah buaya juga mengandung semua jenis vitamin kecuali vitamin D. Karena itu lidah buaya juga sering dijadikan sebagai perawatan kulit seperti, dapat menghilangkan jerawat, melembabkan kulit, serta peremajaan kulit. Tetapi kadang masyarkat yang minim akan pengetahuan lebih luas tentang lidah buaya, hanya memanfaatkannya sebagai penyubur rambut. 

·         Mengobati Stress
Lidah buaya juga bisa membantu anda yang sedang mengalami stress berat (Detoksifikasi). Adapun cara pemanfaatan lidah buayanya adalah dengan memblender lidah buaya untuk dijadikan jus, tetapi buang terlebih dahulu duri  yang ada pada lidah buaya. Langkah terakhir, minum jus itu secara rutin. 


Dan tentunya masih banyak sekali manfaat yang terkandung dalam tumbuhan lidah buaya ini. Semoga info diatas bisa menambah pengetahuan tentang tumbuhan beserta manfaat yang dihasilkan untuk kesehatan kita, khususnya lidah buaya.

( PaMan )


Related Post



Posting Komentar