Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan

Pepaya atau dalam bahasa latin disebut Carica papaya ini adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko. Kata pepaya itu sendiri berasal dari bahasa Belanda yaitu “papaya”. Pada umumnya buah ini disajikan sebagai makanan penutup. Karena rasanya yang manis, buah ini sangat digemari dikalangan masyrakat. Tapi tidak menutup kemungkinan juga ada yang tidak suka akan buah papaya ini. Yang pastinya semua orang memiliki seleranya masing – masing. Memang apa sih yang terkandung dalam buah pepaya ini? Nah ternyata dalam buah pepaya terdapat kandungan senyawa seperti, asam folat, betakaroten, betacryptoxanthin, betacryptoxanthin, Lutein Serta zexanthin, serta serat fiber. Bukan hanya itu saja, dalam buah pepaya juga terdapat air, fosfor, hidrat arang, kalori, kalsium, protein, vitamin A dan C, zinc, potassium, dan selenium.

Dan kandungan yang terdapat pada buah pepaya tersebut juga dapat mengobati beberapa penyakit seperti: 

Melancarkan Pencernaan
Pada umumnya buah pepaya ini diketahui dapat membantu untuk melancarkan pencernaan. Dan buah pepaya yang kaya akan serat ini baik untuk mencegah dari sembelit.

·     Perawatan Kulit
Selain itu pepaya juga bisa membuat kulit kita menjadi lebih indah dan bersih. Tidak heran di zaman sekarang banyak produk kecantikan yang mengandung bahan dasar buah pepaya seperi, sabun mandi, body lotion, dan masih banyak lagi. 

·     Menjadi Antioksidan
Buah pepaya juga dapat menjadi antioksidan untuk mencegah datangnya penyakit flu, radang tenggorokan, dan panas dalam.

·     Menjaga Kesehatan Ginjal
Selain buahnya, biji pepaya juga mengandung nutrisi penting untuk kesehatan. Biji pepaya mengandung flavonoid dan phenotic, sebuah zat aktif yang berperan penting dalam menjaga kesehatan ginjal.

·     Mempertajam Penglihatan
Buah ini mengandung betakaroten yang dapat dikonversi menjadi vitamin A untuk menjaga kesehatan mata Anda.

·     Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke
Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah pepaya dapat mencegah oksidasi kolesterol dan dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.  

·     Sebagai Detoksifikasi Alami
Tidak ketinggalan, untuk kecantikanpun buah pepaya ini juga mempunyai manfaat yang banyak. Seperti, berfungsi sebagai detoksifikasi alami, yang dapat membersihkan racun – racun berbahaya dalam tubuh. Serta kandungan magnesium pada buah pepaya ini dipercaya dapat menghilangkan jerawat, dan untuk mempercepat penyembuhan akibat cedera. Dan juga bisa dijadikan masker wajah, supaya wajah tampak lebih cerah. 

Cara untuk mendapatkan manfaatnyapun tidak terlalu sulit, cukup sering mengkonsumsinya saja, entah itu mau dijus (jika suka), sampai dimakan langsung juga bisa. Tapi harus diingat, jika kita mengkonsumsi buah pepaya terlalu banyak dapat menyebabkan gejala carotenemia yaitu telapak tangan dan kaki menguning. Jadi, harus mengkonsumsinya sesuai kebutuhan ya.

Semoga artikel ini dapat menjadi salah satu referensi informasi yang bermanfaat, mohon maaf bila ada salah kata atau tata bahasa. Terima kasih atas kunjungannya.

( DAP / PaMan )
Semoga artikel ini dapat menjadi salah satu referensi informasi yang bermanfaat, mohon maaf bila ada salah kata atau tata bahasa. Terima kasih atas kunjungannya. - See more at: http://infopalihmana.blogspot.com/2014/09/khasiat-kulit-manggis.html#sthash.iyBDUzdU.dpuf
Semoga artikel ini dapat menjadi salah satu referensi informasi yang bermanfaat, mohon maaf bila ada salah kata atau tata bahasa. Terima kasih atas kunjungannya. - See more at: http://infopalihmana.blogspot.com/2014/09/khasiat-kulit-manggis.html#sthash.iyBDUzdU.dpuf

Related Post



Posting Komentar