Membangun Usaha Tanpa Uang


Kebanyakan dari kita beranggapan bahwa usaha itu harus memiliki modal finansial. Semakin besar modal finansial semakin besar keuntungan. Namun, terkadang hal tersebut menjadi hambatan seseorang untuk memulai usaha. Alasan tidak mempunyai modal finansial (pribadi) dapat mengurungkan niat seseorang untuk membangun bisnis, padahal modal uang bukan lah modal yang utama (meskipun penting). Modal paling penting dalam berbisnis yaitu pengetahuan (knowledge), jaringan (network), dan kepercayaan. Apabila kita mempunyai 3 modal utama tersebut maka kita dapat membangun usaha tanpa modal.
 Saat ini banyak cara memulai usaha tanpa uang, diantaranya :
1.       Mencari investor
Mencari investor adalah salah satu trik memulai bisnis dari nol. Modal kepercayaan, integritas dan kredibilitas sangatlah penting dalam menanamkan kepercayaan dari pihak investor. Investor sebaiknya dipilih dari orang terdekat terlebih dahulu, contohnya keluarga, kerabat, teman, dll. Dalam pembagian hasil usaha biasanya berbentuk persentase yang jumlah nya disepakati bersama.
2.       Menjadi makelar / reseller
Menjadi makelar merupakan contoh yang paling simple dalam membangun bisnis tanpa modal. Saat ini menjamur online shop yang kebanyakan makelar dari produk orang lain, hanya bermodalkan foto produk mereka bisa menjual produk-produk tersebut ke pengguna produk / konsumen akhir. Keuntungan bisa didapat dari selisih harga beli dengan harga jual, komisi penjualan ataupun bonus dari produsen.
3.       Menjadi Broker Property
Menjadi broker property salah satu jalan untuk mendapatkan uang dalam jumlah banyak tanpa kita harus memiliki modal terlebih dahulu. Biasanya broker property mendapat keuntungan dari komisi penjualan tanah/bangunan sebesar 2-3% dari nilai transaksi jual beli tersebut.  Jadi apabila kita bisa melakukan penjualan property senilai 2 milyar, maka minimal komisi broker itu senilai 40 juta rupiah. Selain dari komisi, terkadang seorang broker bisa memperoleh keuntungan dari nilai jual property yang dinaikan terlebih dahulu oleh broker tersebut.
4.       Menjadi Franchisor
Franchisor adalah orang yang mempunyai hak merk dari sebuah usaha yang sudah di franchise kan. Tidak semua franchisor adalah orang yang mempunyai franchise tersebut, tetapi ada juga orang yang mempunyai keahlian dalam membuat sistem bisnis yang kemudian bekerjasama dengan owner bisnis tersebut sehingga membuat sebuah bisnis yang di franchise kan. Dalam hal ini biasanya keuntungan dibagi dua yang jumlah persentase nya disepakati bersama.

Nah, sudah jelas kan bahwa memulai bisnis itu tidak harus bermodalkan uang terlebih dahulu. Mungkin masih banyak lagi cara memulai bisnis tanpa uang selain diatas. Selagi ada kemauan pasti ada jalan. Yakin bahwa kita akan menemukan kesuksesan !Semoga Bermanfaat.
 [ MEMBANGUN USAHA TANPA UANG ]
sumber: palihmana.com
( Fauzan Wahyu / Founder Paguyuban Pengusaha Muda Tasikmalaya )

Related Post



Posting Komentar