Jenis Makanan Yang Menyebabkan Kegemukan

Dewasa ini, makin banyak orang yang mulai memperhatikan masalah tentang kesehatan. Banyak kampanye - kampanye di berbagai media baik itu cetak maupun elektronik yang menyuarakan agar orang - orang lebih memperhatikan tingkat kesehatan mereka. Diantara banyaknya jenis penyakit yang mengundang banyak perhatian masyarakat secara global, salah satu diantaranya adalah masalah kegemukan atau bahasa lainnya adalah obesitas.

Masalah obesitas ini makin banyak terjadi dikarenakan pola hidup dan pola makan masyarakat yang semakin tidak sehat. Maka dari itu, kita mulai perlu lebih peduli lagi terhadap pola hidup kita, terutama pola konsumsi makanan yang berandil besar terhadap terjadinya kegemukan atau obesitas. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang menyebabkan kegemukan atau obesitas;


1. Aneka Gorengan
Terlalu banyak mengkonsumsi gorengan kurang baik untuk kesehatan, bahan menggoreng makanan ini adalah minyak yang tentu saja membuat makanan ini tinggi akan kolestrol, terutama apabila gorengan tersebut didapat dari pedagang di pinggiran jalan yang tidak dapat terjamin kualitas minyak goreng dan bahan makanan yang digunakannya.

2. Daging Olahan
Makanan berupa daging olahan seperti nugget, sosis, dan semacamnya memang sangat mudah didapatkan dan menghemat waktu saat memasak dan menyajikannya, namun dengan tingkat lemak jenuh yang tinggi membuat daging olahan dapat menyebabkan kegemukan jika dikonsumsi terlalu banyak.

3. Minuman Bersoda
Minuman yang dapat memberikan kesan segar saat diminum ini memang banyak digemari, namun dengan kadar gula, sodium, dan kalori yang sangat tinggi membuat minuman ini tidak baik dikonsumsi terlalu sering atau terlalu banyak.

4. Kopi Instan
Minuman ini banyak digemari karena dipercaya dapat menghilangkan rasa kantuk dan juga dapat meningkatkan konsentrasi saat berkegiatan. Namun pada kopi instan, selain kadar caffein yang ternyata lebih rendah daripada kopi asli, kadar lemak dan kalori yang dikandungnya juga ternyata lebih tinggi, sehingga dapat menyebabkan kegemukan jika dikonsumsi berlebihan.

5. Mayones
Walaupun makanan ini dapat dijadikan saus sebagai penambah rasa nikmat saat menikmati makanan, ikatan lemak yang terdapat didalam mayones sangat tinggi, sehingga makanan ini tidak baik dikonsumsi terlalu banyak.

Itulah beberapa Jenis Makanan Yang Menyebabkan Kegemukan ,usahakan untuk mensubtitusi makanan - makanan diatas dengan jenis makanan lain yang lebih kaya nutrisi, vitamin, dan lebih rendah kadar lemak jenuh dan kalorinya, atau bisa juga dengan membatasi dan mengurangi tingkat konsumsinya sebagai salah satu cara menghindari kegemukan.

Mohon maaf sebelumnya jika banyak kesalahan kata atau tata bahasa. terima kasih juga telah membaca dan ditunggu segala bentuk kritik dan sarannya.

Related Post



Posting Komentar