Tips Untuk Berhenti Merokok

Untuk para perokok berat, berhenti merokok bukanlah seuatu perkara yang mudah. Hal tersebut tidak dapat dilakukan semudah membalikkan telapak tangan, bahkan sudah banyak contoh kebanyakan para perokok berat yang ingin mencoba untuk berhenti merokok berakhir dengan kegagalan.

Tentu ada banyak alasan dibalik gagalnya para perokok berat untuk mencoba berhenti merokok, bisa disebabkan faktor internal perokok yang bersangkutan, atau bisa juga dari faktor eksternal dari si perokok. Berikut ini ada beberapa tips untuk berhenti merokok yang layak untuk dicoba;


1. Motivasi

Langkah paling dasar yang harus dilakukan oleh perokok yang ingin berhenti merokok adalah kuatkan motivasi untuk berhenti merokok. Alasan kuat seperti tidak ingin keluarga yang disayang untuk terkena dampak sebagai perokok pasif adalah salah satu alasan yang dapat menguatkan motivasi Anda.


2. Lakukan Dengan Bertahap

Didalam rokok terdapat zat yang dapat menimbulkan candu, dengan begitu akan mustahil untuk berhenti secara mendadak. Coba ukur jumlah rokok yang Anda habiskan dalam sehari, lalu langkah berikutnya adalah dengan mencoba mengurangi sedikit demi sedikit konsumsi rokok per hari yang Anda lakukan.


3. Kenali Situasi dan Waktu Paling Sering Merokok

Coba kenali kapan dan dalam situasi apa Anda paling sering merokok. Misalnya saat sedang berkumpul dengan teman, sehabis makan, atau mungkin saat sebelum tidur, dan sebagainya. Setelah itu, Anda dapat mencoba secara perlahan untuk mengubah kebiasaan Anda diwaktu - waktu tersebut dengan mengunyah permen karet atau permen mint misalnya.


4. Olahraga Secara Teratur

Berolahraga secara teratur, selain membuat Anda menjadi lebih fresh, ternyata juga dapat membuat keinginan Anda untuk merokok jadi sedikit demi sedikit berkurang. Dengan begitu, perbanyak olahraga menjadi salah satu cara yang efektif.


5. Minta Dukungan Keluarga Terdekat

Hal yang juga penting dalam sebuah proses seorang perokok untuk berhenti adalah dukungan yang kuat dari lingkungan keluarga terdekat. Mintalah bantuan kepada keluarga terdekat dan juga kerabat Anda untuk tidak bosan terus mengingatkan Anda pada saat Anda mulai akan kembali merokok.


6. Konsultasi Dengan Dokter atau Terapi

Meminta bantuan dokter atau ahli terapi juga merupakan salah satu cara efektif untuk membantu Anda yang ingin berhenti merokok. Mereka biasanya dapat memberikan resep atau juga terapi yang membantu memaksimalkan usaha Anda dalam berhenti merokok.


Demikian beberapa Tips Untuk Berhenti Merokok yang dapat disampaikan, semoga dapat menjadi tulisan yang bermanfaat. Mohon maaf jika ada salah kata dan tata bahasa, dan juga ditunggu untuk segala masukan kritik dan sarannya. Terima kasih.

Related Post



Posting Komentar